Sabtu, 11 Juni 2011

Profil Ketua TP PKK Kelurahan Bendungan Hilir


Sejak dilantiknya Bapak Suprayogi, S.STP menjadi Lurah di Kelurahan Bendungan Hilir, terhitung tanggal 29 April 2010 maka dikukuhkanlah Ny. Firda Sari Kaloka, S.Sos. sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Bendungan Hilir yang sebelumnya adalah Wakil Ketua I TP PKK Kelurahan Kebon Kacang.

Ny. Firda Sari Kaloka, S.Sos. yang dilahirkan pada tanggal 2 Juni 1978 di kota Tebing Tinggi Deli (Sumut) dan dikaruniai 1 (satu) orang putri dari pernikahannya dengan suami tercinta Bapak Suprayogi, S.STP.

Sebelum menjadi Ketua Tim Penggerak PKK di Kelurahan Bendungan Hilir Ny. Firda Sari Kaloka, S.Sos pernah menjadi Wakil Ketua I di Kelurahan Kebon Kacang Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat (2005-2010), Wakil Ketua II di Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Kemayoran (2002-2005).

Sadar akan posisinya sebagai motor penggerak kaum perempuan yang setiap saat selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat, maka Sarjana Komunikasi UnPad yang bekerja di Prudential Insurances harus benar–benar pintar mengatur strategi bagaimana meningkatkan prestasi dan membagi waktu khususnya bagi kader PKK di wilayah Bendungan Hilir, serta memotivasi para kader agar selalu maju dan berkembang serta memiliki daya saing yang sportif, karena sebagai Ketua Tim Penggerak PKK harus dapat mendukung berbagai tugas yang diemban.

Menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan bukanlah hal yang mudah terutama didaerah yang penduduknya rata-rata menengah keatas dan pensiunan pejabat pemerintahan yang warganya sarat akan kritik membangun untuk itu beliau harus penuh semangat yang tinggi dan melalui organisasi PKK sesuai dengan prinsip beliau yaitu “RAMAH, BERKREASI, BERINOVASI DAN BERPRODUKSI MENUJU KELUARGA MAJU DAN MANDIRI”. Mengingat segala Aspek kehidupan digarap oleh PKK, maka dengan prinsip tersebut Ny. Firda Sari Kaloka, S.Sos. berkeyakinan untuk mampu mengantarkan keluarga kader PKK Khususnya dan warga masyarakat umumnya untuk lebih berdaya guna dan berhasil guna sehingga pada gilirannya akan mengantarkan keluarga pada predikat Sakinah, Mawaddah dan Warohmah.

PKK sampai kapanpun merupakan organisasi yang akan tetap eksis karena segala sepak terjang serta perjuangan kadernya yang selalu dilandasi dengan keikhlasan serta semangat untuk selalu mengabdi kepada keluarga dan masyarakat tanpa pamrih.

Meskipun bertugas mendampingi suami di wilayah yang mempunyai RW yang jumlahnya yaitu 9 RW dengan berbagai karakter, maka senantiasa menggali potensi di wilayah demi meraih prestasi dengan melakukan pendekatan kepada kader PKK di seluruh Kelurahan Bendungan Hilir, pendekatan juga di lakukan melalui tokoh masyarakat, tokoh agama serta peran dari sektoral terkait serta menjalin kemitraan dengan pihak lain. Selain itu Ny. Firda Sari Kaloka, S.Sos. tak henti – hentinya secara rutin melakukan pembinaan sekaligus untuk memotivasi para kader PKK untuk selalu berpikir ke depan, memiliki wawasan yang luas serta etos kerja yang tinggi. Hal tersebut disampaikan melalui berbagai kesempatan baik yang sifatnya terencana seperti rapat intern pengurus PKK, rapat koordinasi, pertemuan rutin, arisan, silahturahmi, pengajian maupun pada kesempatan yang sifatnya issidentil.

Kesuksesan dan prestasi yang telah diraih oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Bendungan Hilir yang notabene sebagai motor penggerak pemberdayaan keluarga dan masyarakat khususnya kaum perempuan, tidak terlepas dari pengetahuan dan keterampilan serta wawasan yang dimiliki selama ini. Adapun kegiatan pendidikan dan pelatihan yang telah diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK Bendungan Hilir adalah sebagai berikut :

1. Pelatihan administrasi PKK Kelurahan
2. Pelatihan Kepemimpinan Dasar
3. Pelatihan Dasa wisma
4. Pelatihan dan sosialisasi perlindungan anak oleh kantor Pemberdayaan Perempuan dan Anak
5. Bimbingan teknis waspada penyakit kanker oleh Yayasan Kanker Indonesia
6. Pelatihan Kecantikan dari Sari Ayu
7. Pelatihan Kepribadian
8. Pelatihan BKB Paud Tingkat Kelurahan
9. Sosialisasi Kota Layak Anak Tingkat Kota Administrasi. Jakarta Pusat

Semangat untuk mengabdi yang dilandasi dengan rasa ketulusan dan keikhlasan yang dimiliki oleh Ny. Firda Sari Kaloka, S.Sos. yang senantiasa ditularkan kepada para anggota dan kader PKK menumbuhkan rasa semangat yang tinggi bagi para anggota dan kader untuk senantiasa berprilaku positif disegala kegiatannya. Dengan melakukan berbagai macam inovasi dan terobosan – terobosan yang dilakukan secara tepat, akurat dan berkelanjutan mengantarkan pada sikap dan perilaku professional.


RIWAYAT PEKERJAAN
-Tahun 2010 – Sekarang : Agent Asuransi Prudential

RIWAYAT ORGANISASI
-Wakil Ketua II TP PKK Kelurahan Sumur Batu (2003 – 2005)
-Wakil Ketua I TP PKK Kelurahan Kebon Kacang (2005 – 2010)
-Ketua Majelis Taklim Al Hidayah Kelurahan Kebon Kacang (2005 – 2010)
-Ketua TP PKK Kelurahan Bendungan Hilir (2010 – Sekarang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar